Saudi Persyaratkan Umrah Pakai Visa Biometrik

Cara Membuat Paspor Untuk Umroh atau Haji
September 21, 2018
Beberapa Kesalahan dalam Ibadah Umroh
September 26, 2018

Saudi Persyaratkan Umrah Pakai Visa Biometrik

Image result for visa umroh

Peraturan Baru dari Kerajaan Arab Saudi

JAKARTA (ManasikNews) – Pemerintah Arab Saudi mulai musim umrah tahun 1440 Hijriah (2018/2019) berencana  menerapkan kebijakan baru terkait visa umrah. Dimana setiap jamaah pemohon visa wajib terlebih dulu merekam data biometri melalui VFS TasHeel International.

Dengan demikian syarat pengurusan visa umrah kini ada tambahan satu komponen, yaitu rekam data biometrik.

VFS TasHeel International

Kehadiran pemohon di kantor VFS untuk pengumpulan data biometri yang diperlukan (pengambilan sidik jari dan foto wajah). pengambilan sidik jari dan foto wajah sebagai syarat pembuatan visa biometrik. Dengan memastikan identifikasi seseorang, sistem biometri akan mempermudah pemeriksaan setiap jamaah sebagai pendatang lebih cepat saat memasuki wilayah Arab Saudi.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan ManasikNews, Rabu (12/9/2018). Pemerintah  Arab Saudi melalui Kementerian Luar Negeri telah resmi menunjuk VFS sebagai perekam data biometri bagi setiap pemohon visa umrah.

Demi Percepatan Pelayanan

Alasan Saudi menerapkan visa biometrik, yaitu untuk mempercepat pelayanan di loket imigrasi bandara kedatangan ketika jamaah tiba di Arab Saudi. Selain itu untuk memudahkan pemantauan jamaah saat berada di wilayah Saudi.

Menurut direktur salah satu provider visa yang berdomisili di Jakarta, proses visa umrah akan ditangani pihak VFS yang berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Arab Saudi (KBSA). Namun kedudukan VFS tidak mutlak 100%. Sebab, pengurusan visa umrah masih tetap melalui provider, sehingga peran provider hingga saat ini tidak tergantikan.

Dia memperkirakan biaya pengurusan visa untuk umrah musim ini ada penambahan berkisar US$  7 – 10 per unit visa, yaitu biaya rekam data biometri melalui VFS.

Mengenai pemberlakuan visa progresif, tidak ada perubahan aturan yang diterapkan oleh pemerintah Arab Saudi. Jadi, misalkan jamaah umrah ganti paspor baru dan mengurus visa biometrik, maka yang bersangkutan tetap harus membayar pajak progresif 2.000 Riyal untuk keberangkatan umrah kedua di tahun yang sama.  (wyn)

Insya Allah Asamulia Tour & Travel cabang jogja memenuhi semua kriteria yang dipersyaratkan Kementrian Agama. Jadi jangan ragu untuk melaksanakan niat saudara untuk berangkat umroh dengan Asamulia Tour & Travel Cabang Jogja. Insya Allah amanah, terpercaya dan berpengalaman.

Mari daftar UMROH dan HAJI bersama ASAMULIA TOUR Cabang Jogja. Tersedia berbagai macam program umroh mulai dari Umroh Reguler, Umroh VIP, Umroh Plus, dan lainnya.

Kami mohon doa dan dukungan dari masyarakat khususnya umat muslim, semoga doa dan niat tulus anda mendapat ridho dari Allah SWT. Kami akan terus berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik untuk tamu-tamu Allah. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

PT Asamulia Express

Jl Kebun Raya no 3B, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta.

0274 428 5478 / 087812466899 / https://bit.ly/2B9GuL4

Kunjungi website kami untuk informasi lebih lengkap di www.azkamuslim.com

 

 

 

 

 

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik disini! Hubungi Kami
Whatsapp
Phone
Email