Kemenag Sempurnakan Pelaksanaan Ibadah Haji Khusus

5 Tempat Menarik Ini Bisa Kamu Kunjungi Saat Umroh
Oktober 8, 2018
Manasik Haji Sebagai Edukasi Sebelum Ke Tanah Suci
November 10, 2018

Melalui Direktorat Bina Haji Khusus dan Umrah Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) bersama Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK), Kementerian Agama (Kemenag) mengevaluasi pelaksanaan haji khusus. Menurut Ditjen PHU, Nizar Ali, sebetulnya penyelenggaraan haji khusus tahun ini terbilang sukses. Tetapi, memang ada beberapa keluhan dari jamaah terkait pelaksanaan haji khusus.

Ada semacam miskomunikasi, sebagian besar jamaah haji tidak mengetahui kalau mereka menunaikan ibadah haji melalui PIHK, maka seluruh pelayanan ibadah haji khusus menjadi tanggung jawab PIHK. Nizar mengatakan bahwa Kemenag hanya mengatur soal regulasi dan standar pelayanan minimal penyelenggaraan ibadah haji khusus.

Kegiatan evaluasi kali ini mengusung tema Mewujudkan Kepuasan Jamaah Haji Khusus Berbasis Pelayanan Prima yang diikuti oleh 260 peserta. 214 diantaranya adalah PIHK, 34 Kepala Bidang PHU pada Kanwil Kemenag Provinsi, dan 12 peserta dari Kemanag RI.

Setelah berkumpul semua, kemudian peserta dibagi menjadi empat komisi. Seluruh komisi diajak untuk berdiskusi tentang permasalahan pelaksanaan haji khusus yang terakhir kali diidentifikasi. Untuk rencana program perjalanan, pelaporan tugas PIHK, laporan akhir penyelenggaraan haji khusus oleh komisi A.

Sementara itu komisi membahas tentang pengelolaan, pengembalian, dan pembatalan dana haji khusus. Kemudian komisi C melakukan review terhadap hasil dari tim penilaian kinerja PIHK di Arab Saudi, dilanjutkan dengan pemantauan, pengawasan, dan penanganan masalah haji khusus, serta berdiskusi mengenai pelayanan muassasah di Armuzna. Sedangkan komisi D membahas lebih jauh tentang perizinan, akreditasi, pendaftaran, pelunasan, pembatalan, urus visa, dan pengurusan e-hajj haji khusus.

Direktur Bina Haji Khusus, Umrah Arfi Hatim menambahkan bahwa kegiatan evaluasi ini krusial, terutama dalam rangka meningkatkan pelayanan ibadah haji khusus pada tahun berikutnya. Dirinya mengatakan bahwa, saat ini Kemenag sedang menyempurnakan pelaksanaan ibadah haji khusus. “Peraturan Menteri Agama Nomor 22 Tahun 2011 tentang Standar Pelayanan Minimal Haji Khusus dalam proses revisi dan akan segera diselesaikan,” jelas arfi.

Referensi: Republika.co.id

Reporter: Novita Intan

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik disini! Hubungi Kami
Whatsapp
Phone
Email