14 Tips Memilih Travel Umroh yang Aman – Panduan Lengkap

Kemenag Cabut Izin 13 Travel Umrah, Ini Daftarnya
Juni 29, 2018
Cara Mudah Mengecek Travel Umroh Jogja Yang Berizin Resmi
Juli 9, 2018

AZKA MUSLIM – Travel Haji dan Umroh adalah  Biro Penyelenggara ibadah haji dan umroh yang akan membantu perjalanan saudara melaksanakan ibadah ke tanah suci. Travel haji dan umroh akan membantu saudara untuk mempersiapkan segala keperluan terkait perjalanan ibadah umroh seperti:

  • Pembuatan visa
  • Menyiapkan perlengkapan ibadah
  • Menyiapkan  transportasi
  • Menyiapkan  penginapan
  • Menyiapkan  akomodasi
  • Pelayanan hingga bimbingan dalam melaksanakan ibadah haji dan umroh

Memilih travel haji dan umroh memang tidak mudah. Kadang memiliki izin resmi saja tidak cukup. Travel haji dan umroh harus didukung dengan pelayanan yang prima dan fasilitas yang memadai, sehingga jama’ah bisa menjalankan ibadah haji atau umrah dengan tenang, nyaman dan khusyuk.

Sebab, saat ini tidak sedikit bermuculan travel yang nakal. Mereka memberikan janji yang muluk-muluk dan harga yang kadang tidak masuk akal demi menarik para calon jema’ah haji dan umroh. Padahal, dalam kenyataannya sangat bertolak belakang dalam pelaksanaannya.

Nah dalam memilih travel haji dan umroh, saudara harus berhati- hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Ada beberapa tips memilih travel haji dan umrah yang tepat untuk saudara.

1 . Pilih Travel Resmi Yang Terdaftar Di Kementerian Agama

Memilih travel umroh yang terpercaya sangat penting karena ini akan menjadi jaminan keamanan dan kenyamanan bagi saudara selama menjalankan ibadah haji dan umroh. Sebab, jika sebuah travel terdaftar di KEMENAG, maka jika terjadi hal yang tidak diinginkan, saudara bisa melakukan komplain secara hukum. Berbeda dengan travel yang tidak memiliki izin, mereka bisa berkelit dan lain sebagainya.

Dan untuk dapat terdaftar secara resmi di KEMENAG itu tidak mudah, sebuah travel umroh harus memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan dan memiliki surat-surat izin berikut ini :

  • Surat Izin Tetap Usaha Pariwisata
  • Tanda Daftar Perusahaan
  • NPWP Perusahaan
  • Surat Keterangan Domisili Perusahaan
  • SK Menkeh. Akta Pendirian Perusahaan
  • SK Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (sebagai penyelenggara perjalanan Ibadah Haji Khusus)
  • SK Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (sebagai penyelenggara perjalanan Ibadah Umroh
  • Sertifikat Anggota Amphuri)
  • Sertifikat Lembaga Bisnis Syariah dari Dewan Syariah Nasional MUI
  • Ijin PPIU Pusat & PPIH Pusat
  • Ijin PPIU Cabang & PPIH Cabang

Untuk melihat travel umroh resmi yang terdaftar terdaftar di Kementrian Agama, Anda bisa mengakses di link berikut ini http://haji.kemenag.go.id/v2/basisdata/daftar-ppiu.

2 . Periksa Alamat Kantor Travel Umroh

Travel yang terpercaya harus memiliki kantor dengan alamat yang jelas. Travel umroh resmi dan terpercaya memiliki sebuah kantor permanen dan beralamat jelas serta tercantum dalam surat-surat yang mereka miliki. Dengan alamat kantor yang jelas, jika seadainya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka saudara dapat langsung mendatangi kantor travel haji dan umroh tersebut untuk minta pertanggungjawaban.

3. Perhatikan Rekam Jejaknya

Travel Umroh yang amanah dan profesional tentunya memiliki rekam jejak yang bagus. Untuk mengetahui hal itu, saudara bisa melihat rekam jejak travel tersebut. Saudara bisa memperhatikan sejak kapan travel tersebut mulai beroperasi, bagaimana tanggapan mereka yang pernah berangkat haji dan umroh dengan travel tersebut, bagaimana pelayanannya, dan lain sebagainya.

Cara paling mudahnya adalah:

  1. Saudara perhatikan sudah berapa lama travel umrah tersebut beroperasi, hal ini akan membantu Sauadara memahami seberapa banyak pengalaman travel tersebut. Semakin lama sebuah travel berdiri, maka semakin banyak pengalamannya.
  2. Baca berbagai tanggapan para jema’ah terhadap pelayanan travel tersebut.
  3. Selanjutnya perhatikan sudah berapa kali travel umroh menyelenggarakan perjalanan umroh. Semakin sering dan rutin perusahaan tersebut melakukan pemberangkatan jamaah, maka semakin membuktikan bahwa biro perjalanan umroh tersebut mempunyai kredibilitas yang baik, sehingga pastinya akan memberikan pelayanan yang memuaskan untuk perjalanan religi saudara.

4 . Jangan Tergiur Dengan Harga Murah

Pilihlah paket travel umroh yang masuk akal untuk menghindari modus penipuan. Siapa sih yang tidak suka dengan harga yang murah?. Nah, banyak travel umroh yang menawarkan paket perjalanan umroh yang sangat murah dengan iming-iming fasilitas yang mewah.

Sebaiknya saudara perlu waspada terhadap travel seperti ini. Sebab, ke depannya ada 2 kemungkinan hal yang tidak saudara inginkan bisa terjadi:

  1. Uang yang sauadara setor, raib entah kemana karena pemilik travel lari dan tidak bertanggungjawab.
  2. Atau saudara akan mengalami kekecewaan demi kekecewaan selama menjalankan ibadah di tanah suci, karena fasilitas yang disediakan ternyata sangat berbeda dengan yang diiklankan.

Jadi, jika ada travel yang mengiming-imingi harga murah dengan fasilitas mewah, maka ini patut dicurigai. Lebih baik saudara membayar sedikit lebih mahal, namun pasti keberangkatannya, karena memang biaya untuk berangkat umroh pada umumnya tidak murah.

Sebagai ilustrasi biaya tiket PP dari Indonesia ke Arab Saudi berkisar Rp 12-13 juta untuk harga regular, ditambah dengan visa mencapai Rp 1 juta, perlengkapan umumnya Rp 1 Juta, biaya administrasi dan lain-lain mencapai  Rp 1 Juta, biaya pemasaran Rp 1 Juta. Dari biaya yang diuraikan tersebut saja sudah mencapai Rp 16 juta sampai dengan Rp 17 Juta. Belum memperhitungkan biaya hotel, bus, makan 3 kali sehari selama program perjalanan, muthowif/pembimbing ibadah. Biaya handling dan lain sebagainya termasuk keuntungan yang diambil oleh pihak travel. Oleh karena itu, disarankan agar masyarakat yang ingin umroh agar mencari biro dengan harga jual yang wajar di atas Rp 21 jutaan.

5 . Perhatikan Fasilitas Yang Diberikan

Travel umroh yang baik dan amanah tentunya akan jujur mengenai fasilitas apa saja yang akan saudara dapatkan. Biasanya fasilitas yang ditawarkan sebanding dengan harga yang harus saudara bayarkan. Jadi, pastikan saudara memperhatikan fasilitas apa saja yang diberikan oleh travel tersebut agar tida ada kekecewaan di kemudian hari.

Biasanya fasilitas yang didapat dari harga paket umroh adalah:

  • Tiket pesawat PP dengan menyebutkan nama pesawat yang akan digunakan
  • Hotel lengkap dengan nama hotel dan bintangnya
  • Transportasi selama di saudi
  • Tour dan Makan 3 kali sehari
  • Tax & Handling
  • Bagasi 3 Kg
  • Air zam zam 5 liter
  • Muthawif dan ustand pembimbing
  • Visa umroh
  • Manasik

6 . Cek Cara Pembayaran

Pilih travel umroh dengan sistem pembayaran yang aman. Travel umroh resmi selalu menggunakan jasa perbankan untuk segala transaksi pembayaran. Pastikan travel umroh yang saudara pilih memiliki rekening atas nama perusahaan dan bukan atas nama pribadi. Jadi, sobat harus berhati-hati jika menemui travel umroh yang meminta sobat untuk melakukan pembayaran ke rekenin pribadinya.

7 . Bertanya Kepada Kerabat atau Teman Yang Pernah Berangkat Umrah

Untuk mencari dan memilih travel umroh yag baik, ada baiknya saudara bertanya kepada karib kerabat atau teman yang pernah melakukan ibadah haji atau umrah. Saudara sebaiknya perlu menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang profil sebuah travel, mengingat uang yang akan saudara keluarkan jumlahnya tidak sedikit.

Banyak bertanya akan menjadikan saudara memiliki informasi yang cukup sebelum keberangkatan ke tanah suci. Sebab, pengalaman mereka bisa menjadi referensi yang sangat penting bagi saudaradalam memilih travel haji dan umrah yang amanah dan terpercaya.

8 . Pilih Travel Yang Memiliki Pebimbing Berpengalaman

Pastikan travel yang saudara pilih telah menyediakan pembimbing umroh yang sudah berpengalaman yang akan membimbing saudara selama perjalanan ibadah di tanah suci. Keberadaan pembimbing sangat penting bagi jamaah, karena tidak semua jema’ah paham tentang tata cara melakukan ibadah haji atau umroh di tanah suci.

Dengan adanya pembimbing ibadah selama di tanah suci. Pastikan pembimbing dari travel tersebut amanah dan jujur. Sebab tidak menutup kemungkinan pembimbing haji atau umroh adalah mereka yang tidak amanah dan tidak memiliki pengalaman, sehingga jema’ah bisa keliru dalam mejalankan ibadah selama di tanah suci.

9 . Jangan Pilih Travel Umroh Yang Menjanjikan Keberangkatan Dalam Jangka Waktu Tidak Tentu

Jika saudara menemui sebauh travel yang menjanjikan keberangkatan umroh satu atau dua tahun lagi, hal tersebut perlu dicurigai. Umroh bukanlah seperti ibadah haji yang harus mengantri. Ibadah umroh bisa dilakukan kapapun sepanjang tahun selama itu di luar bulan haji.

Travel yang menjanjikan keberangkatan dalam jangka waktu yang tidak tentu, sebaiknya saudara patut mewaspadainya. Hal ini untuk menghindari terjadinya modus penipuan berkedok ibadah. Jika saudara mendaftar secara tunai, biasanya dalam waktu satu atau dua bulan ke depan sudah ada kepastian pemberangkatan dari travel umroh. Kementrian Agama juga telah menghimbau agar biro travel tidak menjual paket diluar 1 musim umroh (musim umroh dikenal pada umumnya dimulai setelah idul adha dan berakhir pada bulan syawal).

10. Pastikan Status VISA Yang Akan Anda Dapatkan

Cek kembali mengenai status VISA yang akan saudara dapatkan dari kerajaan Arab Saudi. Pastikan statusnya sesuai dengan keperluan saudara untuk ke tanah suci yaitu, untuk beribadah umroh ataupun haji.

Pastikan saudara telah mendapatkan bukti keluarnya visa melalui fotokopi/foto via handphone, bahwa visa saudara telah berhasil dikeluarkan oleh Arab Saudi sebelum saudara berangkat ke tanah suci.

11 . Hindari Travel Umroh Yang Menggunakan Sistem MLM

Ditilik dari segi agama, sistem MLM ini saja sudah salah. Banyak perdebatan para ulama tentang sistem ini dan mayoritas Ulama mengharamkannya.

Dalam sistem ini, biasanya saudara diminta untuk membayarkan sejumlah uang di muka agar terdaftar sebagai anggota. Setelah bergabung, saudara harus mengajak orang lain sebanyak-bayaknya untuk bergabung dan menjadi downline saudara. Sampai terkumpul downline yang telah ditentukan, barulah saudara dapat berangkat umroh.

Sistem ini sebenarnya hanya mengacu kepada keuntungan semata dan travel umroh ini tidak memfokuskan pada pelayanan jasa yang baik. Disisi lain, banyak ulama yang mengharamkan sistem MLM karena dianggap menguntungkan satu pihak dan merugikan pihak lain.

12 .Pastikan hotelnya dan pastikan anda mendapatkan Tiket Pesawat PP Sebelum keberangkatan

Pastikan travel yang saudara pilih menyediakan hotel sesuai dengan program yang saudara ikuti, apabila travel yang anda ikuti tertulis dalam program nama hotel dan setaraf, pastikan bahwa hotel yang setaraf tersebut sesuai dengan kelas program yang anda ikuti. Pastikan juga bahwa hotel yang diberikan berjarak kurang dari 1 KM sesuai dengan ketentuan dari kementerian agama, dan pastikan juga makanan/konsumsi yang disediakan tersebut dengan menu ala Indonesia.

Pastikan juga bahwa saudara mendapatkan tiket pesawat PP dari Indonesia ke Arab Saudi yang telah issued sebelum saudara melakukan perjalanan. Hal tersebut untuk menjaga keamanan dan kenyamanan perjalanan dan ibadah saudara selama program umroh yang saudara ikuti. Hal ini tentunya untuk menghindari seperti kejadian yang pernah terjadi beberapa waktu lalu dimana ada jamaah-jamaah umroh yang terlantar di bandara Arab Saudi tidak bisa pulang karena tidak adanya tiket kepulangan.

13 .Pastikan travel tempat anda mendaftar umroh, terdaftar dalam SIPATUH

SIPATUH merupakan Sistem Informasi Pengawasan Terpadu Umroh dan Haji Kementerian Agama Republik Indonesia. Travel yang terdaftar dalam SIPATUH adalah travel resmi yang telah mendapatkan ijin dari Kementerian Agama. Hanya travel berizin yang dapat login ke dalam menu SIPATUH. Dengan didaftarkannya jamaah dalam SIPATUH, jamaah akan mendapatkan id card khusus dari SIPATUH. Tanpa id card ini anda akan sulit dalam proses imigrasi di Indonesia dan tanpa ID CARD ini saudara bisa gagal berangkat.

14. Pastikan Perlengkapan saudara memiliki atribut/berlogokan travel yang berijin

Atribut/logo di dalam perlengkapan juga sangat penting sekali. Pastikan logo/atribut tersebut dari travel yang telah berizin PPIU. Selain itu logo juga memudahkan bagi travel untuk mencari jamaah apabila ada kejadian jamaah yang tersesat atau hilang di Arab Saudi. Sementara muasasah di Arab Saudi bisa mengenali logo/atribut hanya dari travel-travel yang berizin saja.

Berhati-hati Tidak Ada Salahnya

Berdasarkan pembahasan di atas, saudara perlu memilih travel Umroh yang dapat dipercaya dengan track record yang baik. Hal ini akan menjamin perjalanan ibadah Umroh saudara aman, nyaman, tenang dan khusyuk. Berhati-hatilah dalam menentukan pilihan travel Umroh agar saudara tidak mengalami kekecewaan di kemudian hari. Jangan tergiur dengan harga murah, lebih baik sedikit lebih mahal namun pasti keberangkatannya.Tidak ada salahnya berhati-hati setiap saat.

Insya Allah Asamulia Tour & Travel cabang jogja memenuhi semua kriteria yang dipersyaratkan Kementrian Agama. Jadi jangan ragu untuk melaksanakan niat saudara untuk berangkat umroh dengan Asamulia Tour & Travel Cabang Jogja. Insya Allah amanah, terpercaya dan berpengalaman.

Mari daftar UMROH dan HAJI bersama ASAMULIA TOUR Cabang Jogja. Tersedia berbagai macam program umroh mulai dari Umroh Reguler, Umroh VIP, Umroh Plus, dan lainnya.

Kami mohon doa dan dukungan dari masyarakat khususnya umat muslim, semoga niat tulus dan ikhlas dari kami dapat berjalan lancar dan mendapat ridho dari Allah SWT. Kami akan terus berusaha untuk memberikan pilihan pelayanan terbaik untuk tamu-tamu Allah. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

 

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik disini! Hubungi Kami
Whatsapp
Phone
Email